Sabtu, 04 Januari 2014

Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama APM dan Anak Panti Asuhan


*Kegiatan Perdana Aksi Pelajar Mandiri


Alhamudulillahirobbilalamin... Jum’at (2/8) lalu APM sukses menjalankan kegiatan perdana yaitu “Tabligh Akbar dan Buka Bersama Anak Panti Asuhan”. Kegiatan ini bertemakan “Menjalin Ukhuwah di Bulan yang Mulia bersama Aksi Pelajar Mandiri” dengan ketua pelaksana oleh saudara Ahmad Fadhil Reyhan. Dihadiri oleh 22 panti asuhan dengan total peserta 700 orang, turut pula puluhan pelajar dari berbagai sekolah ikut membantu meramaikan acara.


Beberapa teman pelajar dari SMAN 13

Dimulai pukul 2 siang, para peserta dari berbagai panti asuhan mulai melakukan absen dan pendataan per-panti demi lancarnya pembagian ta’jil, makanan berbuka, dan sembako. Setelahnya, mereka dipisahkan antara akwat dan ikhwan dan membentuk barisan shaf yang rapi.




Pukul 14.30 acara non formal dibuka dengan dipandu oleh MC Muhammad Galang Samudra dari SMAN 6  dan Annisa Qiozelvia dari SMAN Plus 17. Dimulai dengan games oleh panitia APM, para peserta terlihat antusias mengikutinya. Selain untuk mempererat ukhuwah, games juga berisikan pelajaran-pelajaran seputar kepribadian, ketangkasan, mengasah memori otak dan pelajaran agama. Setelah games, acara dilanjutkan dengan sholat ashar berjama’ah.

Antusias peserta mengikuti games


Setelah sholat ashar, acara formal kemudian dibuka dengan pembacaan tilawah dan saritilawah lalu beberapa kata sambutan termasuk laporan ketua pelaksana. Acara dilanjutkan dengan ceramah dan motivasi oleh Ir. H. Reza Aspan Aldjujir. Lalu untuk menyegarkan suasana, acara diisi oleh tim nasyid Ahsanul Nada (Ahda) dari SMAN 6.

Laporan Ketua Pelaksana
Ahmad Fadhil Reyhan


 Penampilan tim nasyid Ahsanul Nada 


Setelah nasyid, pukul 17.15 acara dilanjutkan dengan kegiatan Dzikir bersama yang dipandu oleh Drs.H.Kms.Badarudin Ali, MA. Kegiatan berjalan khidmat sambil disiapkannya ta’jil berbuka puasa oleh panitia. Ditutup dengan do’a bersama pada 17.45,  tak lama kemudian bapak H. Romi Herton, SH.,MH, selaku Walikota Palembang datang bersama ibu Hj. Masyito, SH beserta beberapa jajarannya demi mendukung suksesnya acara.


Sambutan selamat dateng kepada Bapak Romi Herton oleh ketua umum APM
Faturahman Mahista


Beliau memberikan beberapa kata sambutan, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cambuk (peringatan) untuk para pejabat untuk bisa lebih peduli lagi pada orang-orang  yang kurang mampu dan lingkungan di Kota Palembang ini .


Dikutip dari berita kegiatan yang dibuat oleh Harian Umum Sumsel Post, Sabtu (3/8):

“Saya bangga dengan inisiatif para pelajar yang tergabung dalam Aksi Pelajar Mandiri ini. Walau masih muda, mereka sangat peduli dengan lingkungan sekitarnya. Malu rasanya menyaksikan kerja keras dan antusias para pelajar ini,” ujar Romi.

                 Sambutan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sembako secara simbolis kepada salahsatu perwakilan panti asuhan. Setelahnya, pas waktu adzan maghrib berkumandang, Masjid Taqwa juga mengumandangkan adzan. Peserta serta seluruh panitia dan tamu undangan berbuka bersama dilanjutkan sholat maghrib berjama’ah.


Penyerahan sembako secara simbolis


                Setelah sholat maghrib, Bapak Romi Herton, Ibu Masyitoh beserta jajarannya pamit pulang kepada seluruh peserta. Sebelumnya, disempatkan untuk berfoto bersama panitia sebagai dokumentasi kegiatan.


Pak Romi Herton bersalaman dengan anak-anak panti asuhan


Foto bersama beberapa panitia 


Foto bersama beberapa panitia

                Kegiatan terakhir, panitia segera membagikan nasi kotak dan sembako kepada masing-masing panti asuhan, dan nsebelum pukul 7 malam mereka pulang ke panti asuhan masing-masing.

Pembagian Sembako


Berikut komentar beberapa peserta dari panti asuhan:
Dikutip dari berita harian umum Tribun Sumsel, Sabtu (3/8):
                “Senang bisa diajak berbuka puasa bersama, apalagi selama ini jarang sekali ada yang mengajak kita untuk berbuka puasa,” ungkap Opiansyah.

Dikutip dari harian umum Koran SINDO, Sabtu (3/8):
                Dedi salah seorang anak panti asuhan AL Falah mengungkapkan, senang sekali bisa terlibat dalam acara ini. Dia pun berharap kegiatan ini bisa dilakukan sesering mungkin tidak hanya pada bulan Ramadan. “Senanglah Mbak, rame bisa bertemu teman-teman. Inginnya acara ini sering-sering diadaan,” ucapnya.

Sedangkan dikutip pula dari harian umum Palembang Ekspres, Sabtu (3/8):
                Salah seorang penghuni panti asuhan Al Falah Deri mengaku sangat senang dengan diadakan acara ini, acaranya juga seru ada gamenya yang sangat menarik dan bisa brkenalan dengan teman-teman dari panti asuhan lainnya.
                “Saya sangat gembira, senang dan menikmati acara ini yang diadakan oleh aksi pelajar ini” ujarnya.  (APM)

Untuk melihat berita dari  TribunSumsel, bisa klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar